Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam dan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam dan Jeruk Nipis

Ketombe merupakan suatu kondisi dimana terjadi pengelupasan kulit mati secara berlebih dengan bentuk seperti serpihan-serpihan berwarna putih. Biasanya kemunculan ketombe juga disertai dengan beberapa gejala seperti gatal, radang, dan rasa kering di kulit kepala.

Menurut Indian Journal of Dermatology, ketombe adalah kelainan yang terjadi pada kulit kepala umum yang menyerang hampir setengah dari populasi yang berusia pra-pubertas dan dari jenis kelamin dan etnis apa pun.

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun Mustika Ratu

Ketombe bisa dikatakan normal apabila pengelupasan sel kulit mati hanya sedikit, namun jika terjadi secara berlebih hal ini akan menggangu aktifitas. Maka perlu dilakukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan kulit kepala agar tidak menggangu penampilan.

Dilansir dari Stylecraze, garam dan jeruk nipis dapat membantu menghilangkan ketombe serta dapat meringankan gejalanya. Bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Jeruk nipis bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Perasan air jeruk dipercaya sebagian para ahli dapat membunuh bakteri penyebab ketombe. Apalagi jika jeruk nipis dicampur dengan garam sehingga sangat efektif dalam mengurangi produksi sebum atau minyak di kulit kepala yang menjadi sarang bakteri.

Cara pengaplikasiannya terbilang cukup mudah yaitu, campur 2 sendok garam dapur dengan perasan air jeruk nipis, aduk hingga merata, lalu balurkan ke rambut disertai dengan pijatan lembut agar ramun dapat dengan cepat meresap ke dalam kulit, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit agar campuran ini meresap dengan maksimal.

Jika sudah menjalankan tahapan diatas, bilas seluruh permukaan kulit kepala dengan shampo untuk menghilangkan sisa campuran tersebut.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam dan Jeruk Nipis"